Komputer DNA Nyontek dari Makhluk Hidup


Komputer DNA berawal dari Ide Leonard M. Adleman, seorang ilmuwan komputer yang bekerja di University of Southern California. Komputer dan DNA merupakan dua istilah yang berbeda. DNA merupakan istilah di dunia biologi dan genetik,sedangkan komputer populer untuk dunia informatika dan teknologi modern. Tahun 1994,pertamakalinya Adleman mempublikasikan perhitungan dasar komputer DNA dalam jurnal ilmiah sains. Sejak itu, para ilmuwan melakukan penelitian untuk mengembangkan komputer canggih yang sistemnya meniru sel makhluk hidup.

Keunggulan utama komputer DNA adalah enzim-enzim yang terlibat bekerja secara paralel. Oleh karena itu, komputer DNA dapat melakukan perhitungan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan komputer biasa pada perhitungan jumlah data yang sangat banyak. Keunggulan lainnya, DNA mempunyai ukuran yang sangat kecil. Satu gram DNA yang sudah dikeringkan, Ukurannya hanya sebesar butiran gula pasir tetapi mempunyai kapasitas menyimpan informasi sama dengan 1 triliun Compact Disk (CD). Selain itu, biochip (hip biologis) yang terbuat dari DNA merupakan teknologi yang bersih dengan sumber daya yang sangat murah.

Bulan januari 2000, para ilmuwan di University of Wisconsin di Madison berhasil melekatkan DNA pada permukaan pada gelas dan emas. Hal ini berarti komputer DNA dapat dibuat dalam bentuk chip padatan yang mirip dengan chip komputer konvensional. Tahun 2003, penemuan tersebut tercatat dalam Guinness World Record sebagai “The Smallest Biological Computing Device” atau “Komputer Biologis Terkecil di dunia”. Hebatnya lagi, komputer supermini ini memiliki kecepatan 100.000 kali lebih cepat daripada komputer konvensional tercanggih saat ini.

sumber: Kompas,4 juni 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s